KEUNTUNGAN DAK KERATON (Keramik Komposit Beton) Yogyakarta

Ternyata banyak cara membuat dak lantai pada rumah bertingkat selain menggunakan cara cor konvensional yang cenderung boros kayu untuk bekesting, menghabiskan lebih banyak besi dan kawat bendrat, memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya yang pada ujungnya akan meningkatkan biaya pembuatan lantai dak secara keseluruhan.

Penggunaan material keraton atau keramik komposit beton terbukti lebih efisien dengan beberapa keuntungan:



1.      Kualitas
KEKUATAN material ini sudah diuji laboratorium yang mendapat hasil bawah keraton akan melendut pada beban diatas 500 kg/m.
Hasil ini sesuai dengan loading Test-II No LB/BPPU/001-12/IX/9906.09.99.
Ketebalan dak dibuat 15 cm sehingga estimasi perkiraan pembebanan :
a.       Untuk beban 500 kg / m2 kuat hingga bentangan 3,6 m
b.      Untuk beban 400 kg / m2 kuat hingga bentangan 3,8 m
c.       Untuk beban 300 kg / m2 kuat hingga bentangan 4,2 m
d.      Untuk beban 200 kg / m2 kuat hingga bentangan 4,65 m
e.       Untuk beban 100 kg / m2 kuat hingga bentangan 5,4 m

2.       Dapat digunakan pada bangunan dua sampai dengan lima lantai.

3.       Lebih MURAH daripada plat beton biasa, dengan kekuatan setara


4.      Tidak memerlukan BEKESTING atau papan cor.

    Bisa menghemat uang untuk beli papan cor, seperti kita ketahui papan cor yang sudah kita  gunakan tidak bisa lagi dimanfaatkan sehingga akan terbuang percuma. Pada pemasangan dak lantai keraton papan cor hanya diperlukan pada kolom yang di pinggir saja. Kita juga tidak memerlukan triplek lagi karena adukan otomatis tertampung pada ruang antara satu lonjoran keraton dengan yang lainnya. Sangat efisien dari segi biaya.

5.    Tidak memerlukan TIANG PENYANGGA, atau memerlukan hanya sedikit penyangga pada bentangan 3-4 meter pada awal pemasangan untuk menahan lendutan awal.
      Berbeda dengan metode cor konvensional yang memerlukan banyak papan penyangga sehingga ruang di bawahnya akan penuh dengan kayu, akibatnya pengerjaan dinding bawah menjadi tertunda dan kayu bekas penyangga menjadi terbuang percuma.

6.      Waktu pengerjaan LEBIH SINGKAT.
   Karena tidak perlu menganyam besi tulangan maka waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan lantai dak juga menjadi lebih singkat dan tidak membutuhkan perancah kayu sehingga ramah lingkungan dengan penggunaan kayu yang sangat sedikit. Pada saat pemasangan tidak menggangu lantai bawahnya, karena tidak memerlukan penyangga perancah seperti pada pembuatan plat lantai beton biasa.Lebih cepat, sehingga dapat membuat plat/dak beton tanpa harus membongkar atap rumah keseluruhan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, bila rumah/gedung yang dibangun dari awal dengan menggunakan bekisting yang minim, pekerjaan finishing di lantai bawah dapat segera diselesaikan tanpa harus menunggu selesainya pembuatan plat/dak beton di atasnya. Waktu yang dibutuhkan hanya 1/4 dari waktu yang dibutuhkan untuk membut lantai dak dengan metode konvensional. Kalau metode konvensional perlu 1 bulan maka lantai keraton cukup 1 minggu saja.

7.        Hemat TENAGA KERJA
    Waktu pengerjaan yang singkat membawa dampak positif berkurangnya tenaga kerja yang   akhirnya menghemat biaya pengerjaan.

8.      Tidak memerlukan ALAT BANTU untuk mengangkat lonjoran keraton
      Karena materialnya berongga maka lonjoran keraton lebih ringan sehingga tidak perlu alat bantu untuk mengangkatnya, cukup diangkat oleh dua orang pekerja sehingga dapat mengurangi biaya konstruksi.

9.       Material Lebih RINGAN
   Bobot mati lantai keraton berkisar antara 180-225 Kg/m2 karena bahannya berongga, bandingkan dengan cor biasa yang beratnya mencapai 300 Kg/m2 sehingga mengurangi beban bangunan secara keseluruhan, disamping itu keraton memiliki rongga didalamnya dan material pembentuknya adalah tanah liat. Walaupun bobotnya ringan, hal ini tidak berpengaruh pada kualitasnya yang sejajar dengan kualitas beton K 175 yang mempunyai tegangan ijin maksimum sebesar 55 kg/cm². Bobot yang ringan ini menyebabkan beban strukur yang didukung oleh kolom bisa dihemat.
Selain itu, menurut Ir. Bambang Mursodo, keuntungan bobot yang ringan akan memperkecil GAYA GEMPA yang diterima oleh stuktur bangunan. Ini berarti bila mengalami keruntuhan, lantai tidak akan runtuh dalam bentuk lempengan besar dan berat tetapi dalam bentuk lempengan kecil sehingga tidak membahayakan penghuni.
Dalam Rumus Newton F = m.a. Jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang

10. Adanya RONGGA di dalam komposit keramik beton akan memudahkan kita untuk menangkap “sinyal” bila plat/dak beton itu akan runtuh. Hal ini bisa diibaratkan dengan sepotong bambu yang digunakan sebagai perancah. Bila diinjak dan akan patah maka bambu akan memberikan “sinyal” bahwa ia akan patah, diantaranya dengan mengeluarkan suara “krek”. Berbeda jika bila perancah yang digunakan adalah kayu. “sinyal” ini tidak ada karena kayu tidak mempunyai rongga didalamnya. Bila patah ia langsung patah. Teknik ini bisa menghemat pemakaian besi beton hingga 70% sehingga sistem ini dirasa sangat effisien, praktis dan ekonomis

11.    Berfungsi sebagai peredam suara dan panas.

12.  Sebagai elemen estetika, Keraton dapat di-ekspose untuk menimbulkan kesan natural pada interior rumah atau bangunan anda.

Kekuatan lantai dak keraton sudah diuji coba di laboratorium dan telah mendapatkan sertifikasi yang sama dengan beton konvensional sehingga pasti aman.
Apabila anda berencana meningkat rumah bisa melirik lantai keraton ini, lebih hemat tenaga dan uang dengan hasil kekuatan lantai yang sama dengan lantai cor konvensional


Light Grid – Dak Keraton
Telp. 081325157177 / 081804135008 / 088802725212
Invite Pin BB 53897EDC


Jl. KH Muhdi Gg Komajaya No 53

Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

YOGYAKARTA


lightgroup.id@gmail.com

www.dakkeratonjogja.com

www.lightgroupindonesia.com

bahan bangunan (1) beban (1) bekesting (1) bentangan (1) besi beton (1) biaya (1) bingung mau ngedak rumah (1) bobot (1) composit (1) cor (1) dak (1) dak beton (1) dak keramik beton (1) Dak Keraton (1) dak keraton bali (1) dak keraton Blora (1) dak keraton boyolali (1) dak keraton Brebes (1) dak keraton Cepu (1) dak keraton cilacap (1) dak keraton Demak (1) dak keraton Grobogan (1) dak keraton indonesia (1) dak keraton irian papua (1) dak keraton itu dingin (1) dak keraton itu ringan (1) dak keraton itu tidak bunyi dung dung (1) dak keraton jawa (1) dak keraton Jepara (1) dak keraton jogjakarta (1) dak keraton kalimantan (1) dak keraton Kebumen (1) Dak keraton Kendal (1) dak keraton Klaten (1) dak keraton kudus (1) dak keraton Lombok (1) dak keraton magelang (1) dak keraton murah (1) dak keraton pati (1) dak keraton pekalongan (1) dak keraton pemalang (1) dak keraton Purwodadi (1) dak keraton purwokerto (2) dak keraton purworejo (1) Dak Keraton Rembang (1) dak keraton ringan (1) dak keraton sebagai isolator (1) dak keraton semarang (1) dak keraton Solo (1) dak keraton sragen (1) dak keraton sulawesi (1) dak keraton sumatra (1) dak keraton Surakarta (1) dak keraton tegal (1) dak keraton temanggung (1) Dak keraton Wonogiiri (1) dak keraton wonosobo (1) dak keraton yogyakarta (1) dak rumah yang ringan (1) dibakar (1) diuji (1) efisien (1) ekspose (1) estetika (1) extrude (1) harga dak keraton (1) harga dak keraton murah (1) harga keraton (1) harga ngedak keraton murah (1) hemat tempat (1) Jogjakarta (1) jual dak keramik beton (1) jual dak keraton (1) K300 (1) kekuatan (1) keramik (1) keramik beton (1) Keramik Komposit Beton (1) Keuntungan dak Keraton (1) komposit (1) kuat tekan (1) Kulon Progo (1) laboratorium (1) lantai (1) lantai tingkat (1) lempengan (1) lightgrid (1) lightgroup indonesia (1) Litbang (1) loading test (1) material (1) melendut (1) menguji dak keraton (1) murah (1) natural (1) ngedak rumah bersih (1) ngedak rumah cepat (1) ngedak rumah murah (1) ngedak rumah praktis (1) one way slab (1) panas (1) pasang dak keraton (1) pasang dak murah (1) pasang dak ringan (1) penelitian dak keraton (1) pengujian kekuatan dak keraton (1) penyangga (1) penyimpanan (1) percepatan gempa (1) peredam suara (1) plat (2) rongga (1) runtuh (1) searah (1) setifikasi (1) sinyal (1) Sleman (1) solusi (1) steger (1) struktur (1) suara krek (1) tahan gempa (1) tampilan dak yang cantik (1) teknologi (1) Tulangan (1) uij dak keraton (1) uji kekuatan dak keraton (1) unloading dak keraton (1) Yogyakarta (1)

Komentar

Klik Android App

Klik Android App
LGI on Android