PEMASANGAN DAK KERATON LIGHTGRID ATAU DIPASANG SENDIRI? APA PERSIAPANNYA?

Kenapa harus LIGHT GRID yang melaksanakan pemasangan?
Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) merupakan bahan khusus sehingga dalam pemasangan sebaiknya menggunakan tenaga-tenaga ahli yang sudah specialis.
LIGHT GRID mempunyai tenaga-tenaga yang dimaksud, yang sudah berpengalaman memasang pada ratusan rumah selama 5 (lima) tahun. Sehingga pekerjaan lebih rapi, lebih cepat, dan anda tidak mengalami kemungkinan kegagalan struktur.

Bagaimana kalau saya kerjakan sendiri?
Biasanya ada beberapa masalah yang timbul jika anda menggunakan tukang sendiri, yaitu:
  1. Tukang anda belum terbiasa memasang Dak Keraton sehingga pemasangan tidak rapi, lebih lama, dan bila pemasangan salah anda bisa mengalami kegagalan struktur bangunan
  2. Terdapat waste/ sisa material, order bata Keraton tidak mungkin tepat sesuai kebutuhan sehingga akan ada sisa material.
Apa yang harus saya persiapkan?
Anda persiapkan struktur bangunan yaitu pondasi, tiang, balok. Khusus untuk balok jangan di cor dulu karena pengecoran balok sebaiknya bersamaan dengan pengecoran dak Keraton

DAK KERATON ITU DINGIN DAN KEDAP SUARA TIDAK DUNG-DUNG

Kenapa dak Keraton berlaku sebagai Isolator?

Karena Dak Keraton memiliki rongga sehingga panas atau suara yang diterima tidak langsung dihantarkan, atau dengan kata lain dak Keraton merupakan penghantar panas dan suara yang buruk.







PEMASANGAN DAK KERATON CEPAT

Kenapa dak Keraton lebih cepat?

Karena Dak Keraton merupakan blok-blok keramik yang sudah jadi sedangkan beton digunakan hanya sebagai penutup, sehingga tidak perlu menunggu proses pengeringan beton yang lama.
Dak Keraton hanya membutuhkan waktu 7 hari hingga penyangga bisa dilepas, sedangkan dak beton membutuhkan waktu sedikitnya 21 hari sampai bekisting bisa dilepas.



HARGA DAK KERATON MURAH

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kenapa harga dak Keraton lebih murah?


  1. Karena Dak Keraton menganut sistem penulangan satu arah, sehingga kebutuhan besi hanya 60%-70% dibandingkan dak beton biasa.
  2. Tidak memerlukan bekisting sehingga kebutuhan kayu sangat sedikit.
  3. Material beton yang dibutuhkan hanya sebagai perekat dan penutup 2 cm sehingga sangat efisien.
  4. Tenaga kerja yang diperlukan sangat sedikit, cukup 5 - 6 orang sedangkan pada cor beton biasa harus lebih dari 10 orang.

DAK KERATON ITU RINGAN


Kenapa dak Keraton lebih ringan?


Karena Dak Keraton memiliki rongga sehingga bobotnya lebih ringan hanya 180 - 225 kg/m2 sedangkan dak beton 250 kg/2 dengan ketebalan 12 cm.
Karena ringan maka struktur dibawahnya bisa dikurang / dihemat.
Karena Ringan maka beban terhadap struktur balok dan kolom berkurang sehingga dapat mengurangi dimensi balok dan kolomnya, apabila ukuran balok dan kolomnya tetap seperti perhitungan dengan beban mati dari dak beton konvensional maka akan meningkatkan angka keamanan bangunan.
Bobot mati dak keraton yang ringan ini juga mengurangi besarnya efek geser akibat goyangan gempa. Juga mengurangi beban pada daya dukung tanahnya.


KEKUATAN dan BEBAN GEMPA DAK KERATON

Berapa Kekuatan daya dukung terhadap Beban Hidup?
Dari Hasil penelitian diatas, pada bentang 4 meter untuk dak Keraton 10 cm mendukung sampai 300 kg/m2. Jauh diatas kekuatan yang disarankan untuk rumah tinggal hanya 175 kg/m2.

Bagaimana bila terjadi gempa?
Karena Dak Keraton lebih ringan dibandingkan dengan dak beton biasa (40%) maka gaya yang terbentuk akibat gempa menjadi lebih kecil, sehingga lebih aman bagi struktur bangunan


PENGUJIAN DAK KERATON (KERAMIK BETON)

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Apakah Dak Keraton telah diuji?

Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) ini telah di uji oleh Pusat Penelitian Teknologi Permukiman Badan Litbang Permukiman dan Prasarana Wilayah, Bandung. Peneliti Suwandojo Siddiq, DE Eng. (Peneliti senior di bidang Struktur-Bangunan dan Teknologi gempa)





APA - DARIMANA dan BAHAN DASAR DAK KERATON ?

Apakah dak Keraton itu?
Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) adalah blok-blok keramik yang dirangkai menjadi plat lantai kemudian di composit dengan beton sehingga digunakan sebagai pengganti cor dak biasa/ konvensional
                                   
Dari mana tehnologi Dak Keraton?
Tehnologi dak Keraton ini pertama kali dari Eropa (Jerman dan Belanda) sekitar seratus tahun yang lalu. Kemudian teknologi material ini dibawa ke Indonesia melalui proyek Bantuan Teknis Pembangunan Industri Bahan Bangunan yang diawasi oleh UNIDO/UNDP (PBB Project INS/740/034)

Terbuat dari apa dak Keraton?
Terbuat dari tanah liat pilihan yang kemudian di extrude dan dibakar pada suhu 1000 derajat Celcius sehingga dihasilkan keramik yang mempunyai Kuat Tekan setara Beton K300.

Tulangan Plat/Dak Satu Arah/Searah (One Way Slab)

Dalam perhitungan struktur yang sesuai denagn SK SNI T-15-1991-03 dikenal adanya penulangan plat/dak lantai satu arah dan dua arah. Menurut Istimawan Dipohusodo (dalam bukunya Struktur Beton Bertulang) yang disebut dengan penulangan satu arah adalah penulangan yang dipasang pada arah tegak lurus terhadap dukungan (balok) atau penulangan yang didukung pada dua tepi yang berhadapan sedemikian hingga lenturan timbul hanya dalam satu arah, yaitu pada arah yang tegak lurus terhadap arah dukungan tepi. Karena itu plat/dak lantai tersebut hanya didukung pada kedua sisinya.

DAK KERATON TERHADAP GEMPA BUMI

KEKUATAN Dak Keraton (Keramik Komposit Beton) sudah diuji laboratorium yang mendapat hasil bahwa keraton akan melendut pada beban diatas 500 kg/m2. Hasil ini sesuai dengan loading Test-II No LB/BPPU/001-12/IX/9906.09.99

ADANYA Rongga di dalam Komposit keramik beton akan memudahkan kita untuk menangkap “sinyal” bila plat/dak beton itu akan runtuh. Hal ini bisa diibaratkan dengan sepotong bambu yang digunakan sebagai perancah. Bila diinjak dan akn patah maka bambu akan memberikan “sinyal” bahwa ia akan patah, diantaranya dengan mengeluarkan suara “krek”. Berbeda jika bila perancah yang digunakan adalah kayu. “sinyal” ini tidak ada karena kayu tidak mempunyai rongga didalamnya. Bila patah ia langsung patah


BOBOT yang ringan membuat dak Keraton aman sebagai struktur tahan gempa. Bila ada gempa dan terjadi keruntuhan maka keruntuhannya tidak dalam bentuk lempengan besar dan berat

KEUNTUNGAN DAK KERATON (Keramik Komposit Beton)

Ternyata banyak cara membuat dak lantai pada rumah bertingkat selain menggunakan cara cor konvensional yang cenderung boros kayu untuk bekesting, menghabiskan lebih banyak besi dan kawat bendrat, memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya yang pada ujungnya akan meningkatkan biaya pembuatan lantai dak secara keseluruhan.

Penggunaan material keraton atau keramik komposit beton terbukti lebih efisien dengan beberapa keuntungan: